smsBRIS
Dengan hanya mengetikkan SMS dan mengirimkan ke 3338, transaksi perbankan semakin mudah dilakukan kapan dan dimana saja. smsBRIS (SMSBanking BRIS) adalah fasilitas layanan perbankan bagi Nasabah Tabungan BRIS yang memudahkan Anda untuk melakukan isi ulang pulsa, bayar tagihan, transfer sampai pembayaran Zakat, Infaq, Shodaqah (ZIS) .
Mudah dan Fleksibel
Transaksi perbankan dapat dilakukan kapan dan dimana saja, tidak tergantung dengan jam operasional Bank dan dapat diakses 24 jam.
Tidak dikenakan biaya transaksi layanan (hanya dikenakan tariff SMS dari operator)* . Semua transaksi melalui SMSBanking BRIS secara real time dan online. Apapun jenis SIM Card** yang Anda miliki, transaksi perbankan dapat Anda lakukan.
*) Biaya SMS tergantung masing-masing telco provider
**) saat ini layanan dapat digunakan oleh pengguna operator : Telkomsel, Indosat, XL dan AXIS.
FITUR TRANSAKSI
a) Transaksi Non Finansial
- Inquiry Saldo
- Inquiry Mutasi 3 transaksi terakhir
- Inquiry tagihan Telepon
- Inquiry Flexy Postpaid
- Inquiry Speedy
- Inquiry Telkomvision
- Inquiry Kartu HALO
- Ganti PIN
- Informasi NISBAH
- Fasilitas bantuan (HELP) bagi User untuk mengetahui format perintah transaksi (syntax message) SMSBanking BRIS
- Inquiry Tagihan PLN
- Inquiry Tagihan PLN Non Taglist (tambah daya, pasang baru, dsb)
b) Transaksi Finansial
Jenis Transaksi Finansial
|
Limit / Hari
|
Transfer antar rekening BRISyariah
|
Rp. 5.000.000,-
|
Isi Ulang Pulsa
|
Rp. 1.000.000,-
|
Transfer Bank Lain
|
Rp. 5,000,000,-
|
Isi Ulang Pulsa/Top Up Pulsa
> Kartu AS Telkomsel
> Kartu Simpati Telkomsel
| |
Pembayaran Tagihan :
> Pembayaran HALO Telkomsel
> Pembayaran TELKOM
a. Pembayaran Flexi Postpaid
b. Pembayaran Speedy
> Pembayaran Telkomvision
> Pembayaran PLN Postpaid
> PEmbayan PLN Non Taglist
> Pembelian Token PLN Prepaid
> Pembayaran ZIS BAZNAS*
|
Bebas (sesuai jumlah tagihan / keinginan Nasabah )
|
*)sedang dalam proses pengembangan
Kode Perintah SMS Banking
JENIS TRANSAKSI | FORMAT SMS |
Saldo
|
Saldo<>
|
Transfer Rekening BRISyariah
|
Transfer<>
|
Transfer Bank Lain
|
Transferbanklain<>
|
Transfer dengan Berita
|
Transfer<>
|
Pembayaran Tagihan HP
|
Bayar<>
Contoh : Bayar Halo 08111234567
|
Pembayaran Telkom
|
Bayar<>
|
Pembayaran PLN
|
Bayar<>
|
Pembelian Token PLN Prepaid
|
Beli<>
|
Mutasi Rekening
|
Mutasi<>
|
Help
|
Help
|
Top Up Pulsa
|
Beli<>
Contoh : Beli AS 08121234567 25000
|
Pembayaran TagihanPostpaid
|
Bayar Halo<>
|
Ganti Pin
|
Ganti<>
|
Cara mudah aplikasi SMSBanking BRIS
a) Proses Registrasi
Nasabah yang ingin menggunakan layanan SMSBanking BRIS harus melakukan registrasi/pendaftaran terlebih dahulu melalui ATM BRISyariah atau di KCI/KC/KCP BRISyariah.
- 1 (satu) rekening Tabungan BRISyariah iB Nasabah hanya dapat didaftarkan untuk 1 (satu) nomor telepon seluler/handphone.
- Dimenu utama ATM BRIS, pilih menu ”Registrasi ”.
- Pilih menu SMSBanking.
- Pada layar registrasi, masukkan nomor ponsel Anda lalu tekan 6 (enam) digit angka PIN yang Anda tentukan sendiri.
- Registrasi telah selesai, dan Anda akan menerima receipt /struk sukses registrasi sebagai tanda bukti registrasi SMSBanking dan secara otomatis Nasabah dapat menggunakan fitur transaksi non finansial SMSBanking BRIS.
b) Proses Aktivasi
Nasabah SMSBanking BRIS yang ingin menggunakan fitur transaksi finansial diharuskan untuk mengaktifkan fasilitas tersebut di Kantor Cabang BRISyariah terdekat, dengan alur pelaksanaan di Cabang sebagai berikut:
a. Nasabah datang ke Cabang BRISyariah terdekat dengan membawa dokumen sebagai berikut:
- i. KTP asli
- ii. Buku Tabungan BRIS asli
- iii. Kartu ATM BRIS
- iv. Receipt ATM/Notifikasi SMS sukses registrasi*
b. Receipt ATM Registrasi SMSBanking BRIS
KETENTUAN & PENGGUNAAN SMSBanking BRIS :
- Nasabah pengguna dapat menggunakan layanan SMSBanking BRIS untuk mendapatkan informasi dan atau melakukan transaksi perbankan yang telah ditentukan oleh Bank.
- Untuk setiap pelaksanaan transaksi:
- Hanya dapat dilakukan terhadap rekening yang terdapat dalam Daftar Rekening Sendiri dan atau Daftar Rekening Tujuan yang telah terdaftar pada Bank.
- Nasabah pengguna wajib memastikan ketepatan dan kelengkapan perintah transaksi (termasuk memastikan bahwa semua data yang diperlukan untuk transaksi telah diisi secara lengkap dan benar) sesuai format perintah SMS yang telah ditentukan oleh Bank. Bank tidak bertanggung jawab terhadap segala dampak apapun yang mungkin timbul yang diakibatkan kelalaian, ketidaktepatan dan atau ketidaklengkapan perintah/data dari nasabah pengguna.
- Apabila telah diyakini kebenaran dan kelengkapan data yang diisi, sebagai tanda persetujuan pelaksanaan transaksi maka nasabah pengguna wajib memasukkan PIN SMS Banking pada setiap akhir format SMS.
- Pastikan nomor ponsel pribadi Anda diinput dengan benar saat registrasi melalui ATM BRIS
- Limit maksimum Rp.5.000.000 per hari untuk total transaksi melalui SMSBanking BRIS.
- Pastikan bahwa Anda menuliskan perintah SMS dengan benar (mis.nomor rekening tujuan (untuk transaksi transfer), nomor ponsel (untuk top up) dan nominal transkasi).
- Jangan lupa untuk menghapus sent item / SMS Perintah dari ponsel Anda, setiap kali selesai bertransaksi
- Segera hubungi CallBRIS untuk blokir layanan SMSBanking BRIS jika ponsel (SIM Card) Anda hilang
- User SMSBanking BRIS tunduk terhadap ketentuan penggunaan layanan SMSBanking BRIS, yaitu:
- Nasabah menyetujui bahwa dokumen perusahaan antara lain berupa catatan-catatan, instruksi-instruksi, surat-surat dan dokumen-dokumen lain yang disimpan dan dipelihara oleh BRISyariah baik tertulis di atas kertas atau media lainmaupun yang terekam, yang dapat dilihat, dibaca atau didengar adalah merupakan alat bukti yang sah dan lengkap atas transaksi yang dilaksanakan oleh Nasabah melalui SMSBanking BRIS.
- Perintah / isntruksi yang diberikan Nasabah melalui fasilitas SMSBanking BRIS dengan menggunakan kode akses atau PIN mempunyai kekuatan yang sama dengan perintah tertulis yang ditandatangani oleh Nasabah.
SUMBER : BRISyariah